Rabu, 04 Maret 2020

ALTERNATIF NILAI EKONOMIS BIJI JAGUNG



(Seri Budidaya Jagung)





Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Sebagian penduduk bulir jagung adalah pangan pokok, pengganti beras. Bagian jagung yang biasa dimakan manusia adalah bijinya, baik yang masih muda ketika isinya belum mengering maupun setelah tua dan mengering. Biji kering dapat dihaluskan menjadi tepung jagung (maizena). Pecahan kasar biji jagung diolah sebagai makanan sarapan populer, nasi jagung. Biji utuh jagung dapat dikukus, disangrai, atau digoreng. Gorengan biji kering jagung dikenal sebagai marning di Jawa Tengah.

Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki kedudukan penting setelah beras bagi masyarakat Indonesia. Kandungan gizi penting pada jagung adalah karbohidrat dan lemak. Karbohidrat jagung terdiri atas pati, gula, serat kasar, dan pentosan.

Pati jagung terdiri atas amilosa dan amilopektin, sedangkan gulanya berupa sukrosa. Asam lemak penyusunnya terdiri atas asam lemak jenuh yang berupa palmitat dan stearat, serta asam lemak tidak jenuh berupa oleat dan linoleat. Protein jagung mempunyai komposisi asam amino yang cukup baik.

Jagung telah menjadi komoditas pangan penting kedua setelah padi. Dalam satu biji jagung, kandungan patinya berkisar antara 54,1-71,7 persen, sementara kandungan gulanya sebesar 2,6-12 persen. Karena itulah, di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi, jagung digunakan sebagian masyarakat sebagai makanan pokok pengganti beras.

Sebagai produk olahan primer atau produk setengah jadi, jagung pipilan kering bisa diolah menjadi jagung sosoh, beras jagung, atau tepung jagung. Jagung sosoh bisa juga sebagai beras jagung bisa ditanak layaknya menanak nasi. Produk olahan jagung lain adalah susu jagung, tepung jagung, popcorn, tortilla, emping jagung dan lain sebagainya.

Jagung yang tua dijadikan makanan pokok pengganti beras. Pada olahan pangan lokal jagung dicampur dengan beras,dapat mengurangi konsumsi beras disajikan dengan sayuran berkuah santan sebagai pelengkapnya. Selain itu juga digunakan sebagai campuran kue, cokies maupun cake. Tepung jagung komposit tersebut dapat mensubstitusi 30-40 persen terigu untuk kue basah, 60-70 persen untuk kue kering, dan 10-15 persen untuk roti dan olahan mie.

Jagung juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri makanan, kimia, dan farmasi. Produksi terbesar jagung antara lain tepung pati jagung (maizena), minyak jagung, makanan bayi, kue saus, dan masih banyak lagi. Kegunaan minyak jagung juga beraneka ragam, karena mempunyai kandungan asam lemak jenuh, sehingga cocok untuk mereka yang melakukan diet rendah kolesterol.

Kandungan gizi biji jagung dikutip dari laman Wikipedia, sangat kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80 persen dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. dan bagian yang dapat dicerna 90 persen. Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat lebih rendah, mempunyai kandungan protein lebih banyak daripada beras.

Beberapa contoh hasil olahan biji jagung adalah:

Resep Praktis Puding Jagung Pandan
Puding jagung pandan bisa menjadi pilihan. Selain enak, puding jagung ini juga kaya karbohidrat sehingga cukup mengenyangkan. 


Bahan-bahan:

  • 150 gr jagung manis pipil
  • 700 ml santan kental
  • 200 gr gula pasir (atau sesuai selera)
  • 1 sachet jelly bubuk rasa plain (nutrijell 15 gr)
  • 1 tetes pasta pandan
  • 50 ml air
  • ½ sdt garam


Cara membuat:

1.      Blender jagung dan air sampai lembut.



 



 





2.      Campur santan kental, gula pasir, jelly bubuk, dan garam, aduk rata lalu bagi dua.

3.      Campur 1 bagian campuran santan dengan jagung yang sudah diblender lalu masak sampai mendidih.



 








4.      Tuang ke dalam cetakan yang sudah diperciki air agar nantinya mudah dikeluarkan.



 










5.      Setelah 15 menit, masak sisa bagian campuran santan dengan menambahkan pasta pandan, lalu masak sampai dengan mendidih.



 








6.      Tuang secara perlahan ke dalam cetakan di atas lapisan jagung.



 










7.      Biarkan sampai uap hilang, lalu masukkan ke dalam lemari es. Biarkan dingin.

8.      Puding jagung pandan siap disajikan dalam keadaaan dingin.




 Resep Praktis Puding Keripik Jagung

Proses pembuatan tortilla jagung sangatlah mudah dan bumbunya mudah dicari.  Tortilla adalah makanan cemilan yang sangat digemari konsumen karena sehat,enak dan gurih.  Cocok untuk dimakan waktu santai atau acara lainnya.

 Bahan:

·         1 kg Jagung pipil

·         ½ sdm kapur sirih

·         4 siung bawang putih

·         ½ sdm merica bubuk

·         1 sdm garam halus

·         1 sdm gula halus

·         Penyedap rasa (bila diperlukan)

·         Minyak goreng secukupnya



Cara Membuat:

1.      Pipil Jagung dari tongkolnya

2.      Buat larutan air kapur (air 1 ltr masukan kapur sirih ½ sdm)

3.      Rendam biji jagung ke dalam larutan air selama 24 jam

4.      Setelah 24 jam angkat biji jagung, cuci bersih dan tiriskan

5.      Rebus jagung hingga lunak

6.      Angkat dan tiriskan lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk

7.      Masukan semua bumbu dalam 1 wadah dan aduk rata dengan jagung yang telah halus

8.      Bentuk adonan jagung menjadi lembaran tipis dengan cara digilas dengan alat penggilas atau botol, kemudian potong sesuai selera

9.      Jemur hingga kering dibawah sinar matahari hingga kering

10.  Setelah kering tortilla siap digoreng.


Disusun dari berbagai sumber oleh:
SRI LASTUTI, SP.
PPL BPP Banyuurip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar