Selasa, 21 Mei 2019

Penyuluhan Pertanian Dalam Rangka Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian


Padi sawah merupakan komoditas pertanian yang jamak dibudidayakan di wilayah Kecamatan Banyuurip, termasuk didalamnya wilayah Desa Kertosono. Namun berbagai masalah masih sering dialami oleh pelaku usahatani dalam budidaya padi sawah, salah satunya tingkat hasil panen yang masih rendah di beberapa area persawahan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan atau menguragi tingkat kehilangan hasil panen.


Untuk mendistribusikan informasi mengenai upaya peningkatan hasil panen padi tersebut, pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2019, di Balai Desa Kertosono, Kecamatan Banyuurip dilakukan kegiatan penyuluhan pertanian pada Kelompok Tani Kertosari I, yang disampaikan oleh Bp. Ngadiyanto sebagai Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan Desa Kertosono, dengan materi ‘Strategi Peningkatan Hasil Panen’. Selain sebagai kegiatan rutin, pertemuan kali ini juga dilakukan dalam rangka Evaluasi Kinerja Penyuluh Pertanian di wilayah BPP Banyuurip.


Ibu Puji Upeni, sebagai Kepala Desa Kertosono menyambut positif kegiatan ini. Menurut beliau, kegiatan semacam ini dapat menyegarkan dan meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan pelaku usahatani, yang tentu saja akan berimbas pada hasil panen, dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan petani yang merupakan golongan mayoritas warga di wilayah ini. Beliau berharap kegiatan semacam ini terus dilakukan secara berkala, dan diharapkan juga partisipasi dari wargatani untuk mengikutinya, agar informasi yang disampaikan lebih efektif tersampaikan ke sasaran.

disusun oleh:
Kelik D. Setyawan
PPL BPP Banyuurip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar