Rabu, 11 Juli 2018

Kedelai Produksi Lokal Demi Kemandirian


Dalam rangka kegiatan Penambahan Areal Tanam (PAT) Kedelai di Wilayah Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Banyuurip yang akan dilaksanakan pada musim tanam III tahun 2018, maka pada hari Senin tanggal 9 Juli 2018 dilakukan pengiriman benih kedelai ke Desa/Kelurahan pelaksana kegiatan, menyusul pengiriman bahan-bahan pelengkap berupa Pupuk Organik Cair dan Rhizobium yang telah dilakukan pada minggu sebelumnya.

Benih yang dikirim masih sebagian, yaitu sejumlah 2.600 Kg untuk luas lahan tanam 52 Ha bagi 12 Kelompok Tani/Gapoktan yang merencanakan kegiatan tanam pada minggu kedua dan ketiga bulan Juli 2018. Sedangkan luas keseluruhan kegiatan PAT Kedelai adalah 133 Ha dengan pelaksana kegiatan sebanyak 29 Kelompok Tani/Gapoktan.

 


Kegiatan PAT Kedelai merupakan rangkaian kegiatan berskala nasional yang yang ditujukan guna mendukung program Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai), yang merupakan sasaran utama menuju swasembada pangan nasional 2019. Penambahan areal tanam perlu dilakukan untuk meningkatkan produksi kedelai nasional secara signifikan dalam upaya menekan jumlah impor kedelai, sehingga produk-produk lokal berbasis kedelai tidak lagi bergantung pada negara lain dalam penyediaan bahan bakunya.

Akhirnya, kegiatan ini perlu didukung oleh semua pihak agar dapat berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat khususnya dan bangsa pada umumnya.




oleh:
Kelik DS.
PPL BPP Banyuurip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar